Mau Punya Passive Income? 7 Cara Ini Bisa Anda Coba (Bagian-1)


Setiap orang tidak akan selamanya bekerja, semakin bertambah usia semakin dekat dengan waktu pensiun atau berhenti bekerja. Ketika masa pensiun tiba, penghasilan dari gaji bulanan pun akan hilang.
Masih beruntung bagi Anda yang nantinya mendapatkan dana pensiun, meski tidak sebesar gaji bulanan. Bagaimana ketika Anda sudah pensiun tapi tidak mendapatkan dana pensiun? Dari mana Anda akan membiayai kebutuhan sehari-hari?
Nah, di sinilah pentingnya Anda memikirkan bagaimana agar tetap bisa mendapatkan penghasilan, meskipun Anda telah pensiun / berhenti dari pekerjaan. Artinya Anda harus memikirkan sejak dini agar tetap bisa mendapatkan income tanpa harus bekerja lagi. Dengan bahasa lain, Anda bisa mendapatkan Passive Income setelah berhenti bekerja.

Sekarang lah waktu terbaik bagi Anda untuk mempersiapkan masa senja dengan membangun sumber-sumber passive income. Mungkin Anda masih bingung, bagaimana cara membangun passive income? Hal-hal apa saja yang bisa dijadikan sumber passive income?
Ada 7 cara online yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan passive income di masa sekarang maupun yang akan datang :

1. Bisnis Produk Digital

2. Bisnis Affiliate Marketing

3. Menjadi Blogger

4. Menjadi Kreator Konten Youtube

5. Software Developer

6. Menulis Buku

7. Bisnis Sewa Properti



Sekarang Kita akan bahas satu persatu:

1. Bisnis Produk Digital

Di era internet seperti sekarang ini, produk digital berkembang dengan sangat pesat. Ada banyak bentuk produk digital yang bisa Anda jadikan sebagai ladang bisnis dan sumber passive income.
Contoh-contoh produk digital di antaranya ebook, software, video tutorial, template desain, rekaman audio dan lain-lain. Produk digital tersebut bisa Anda jadikan sumber passive income dengan cara membuat produknya dan menjual produk tersebut.
Lantas, Passive Income-nya Dari Mana?
Produk digital merupakan produk yang memiliki sifat sekali produksi dan unlimited stock (stok tak terbatas). Dengan sifat tersebut, Anda cukup sekali saja memproduksi ebook, software, atau produk digital yang lain dan bisa mendapatkan penjualan berkali-kali tanpa membuat produk lagi dari nol.
Bagaimana Kalau Anda Bingung Mau Bikin Produk Digital Apa?
Cara yang cukup mudah dan cepat untuk membuat produk digital adalah membuat produk dalam bentuk ebook dan video tutorial. Dua jenis produk digital tersebut lebih mudah bagi orang awam daripada software yang memerlukan skil coding.
Buatlah ebook dengan topik atau tema pembahasan sesuai dengan pengalaman, skill, dan hobi Anda. Misalnya jika Anda memiliki keahlian di bidang edukasi anak, Anda bisa membuat ebook tentang pendidikan anak di usia dini. Jika Anda memiliki keahlian di bidang keuangan misalnya, Anda bisa membuat ebook tentang manajemen keuangan.
Contoh lain jika Anda memiliki skill tentang desain grafis menggunakan CorelDraw, Anda bisa membuat video tutorial desain grafis. Produk video tutorial desain grafis contohnya The Power of Desain, selengkapnya KLIK DI SINI!
Anda bisa membuat ebook atau video tutorial sesuai dengan keahlian, minat, dan hobi yang Anda miliki. Nah, setelah Anda punya produknya, bagaimana cara menjualnya?
Mungkin ini juga menjadi salah satu hal yang Anda cemaskan. Jangan khawatir, Anda bisa menjual produk-produk digital seperti ebook, video tutorial, software, template desain, dan semacamnya di marketplace produk digital seperti Ratakan.com, platform bisnis produk digital dan affiliate marketing terbesar di Indonesia.
Jika Anda Tertarik membangun Passive Income dari Bisnis Produk Digital? Anda bisa gabung di marketplace produk digital seperti Ratakan.com


To Be Continue... 
Baca Kelanjutannya di Artikel:  7 Cara Ini Bisa Anda Coba Bagian-2